7 Nov 2009

BEACON

Untuk bermain ARDF (amateur radio direction finding) atau lebih dikenal FOX HUNTING dibutuhkan Beacon.
Beacon merupakan rangkaian tone generator yang dilengkapi dengan rangkaian saklar elektronic.
Perinsip dasar kedua rangkaian ini adalah rangkaian oscilator yang dapat disusun dari beberapa transistor atau untuk lebih praktis digunakan IC NE555.
YC3BCS telah mendesain beberapa jenis beacon dengan berbagai versi.

BEACON Ver 3.1
Pada beacon versi ini untuk rangkaian switchernya disusun dari flip-flop transistor dan yang bisa diatur hanya OFF DELAYnya, untuk rangkaian Tone Generator menggunakan IC NE555 dengan pengaturan pada tinggi rendah frekuensi Tone dan Volume Output.
Ukuran PCB dari Beacon Versi 3.1 adalah 2,4CM x 4,8CM, cukup kecil untuk disisipkan pada kotak battery Icom BP-8, bekerja dengan catu daya 6-9VDC.
Gambar Skema Beacon Ver 3.1




BEACON Ver 4.1
Pada beacon versi ini untuk rangkaian switchernya disusun dari IC NE555 dengan pengaturan untuk OFF DELAY dan ON DELAY, untuk rangkaian Tone Generator menggunakan IC NE555 dengan pengaturan pada tinggi rendah frekuensi Tone dan Volume Output.
Ukuran PCB dari Beacon Versi 4.1 adalah 2,5CM x 5CM, juga cukup kecil untuk disisipkan pada kotak battery Icom BP-8, bekerja dengan catu daya 6-9VDC.
BEACON Ver 4.1 ini oleh YC3JYL telah dirakit dalam bentuk jadi dalam box dengan ukuran 5CM x 7,8CM x 3CM (LxPxT).


Gambar Skema Beacon Ver 4.1



BEACON Ver 5.1
Beacon Ver 5.1 disusun dengan 3 buah IC NE555, IC1 dan IC2 untuk rangkaian switcher, kombinasi kedua IC ini akan menimbulkan efek on dan off yang cukup beragam dengan mengatur OFF DELAY, ON DELAY dan PULSE, untuk rangkaian Tone Generator menggunakan IC NE555 dengan pengaturan pada tinggi rendah frekuensi Tone dan Volume Output.
Beacon versi ini didesain untuk penggunaan dual catu daya, input 13,8VDC dan 9VDC, sehingga beacon ini juga dapat digunakan untuk RIG. Ukuran PCB dari Beacon Versi 5.1 adalah 4,5CM x 9CM.



Gambar Skema Beacon Ver 5.1




MALANG FOX HUNTING